PhotobucketEnglish French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

20 August 2008

Tentang Keroncong


Apa hubungan antara "keroncong" dan "kencerung"..? Rasanya lebih mudah untuk menjawab daripada membuatnya menjadi sebuah pertanyaan. Sebab mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran kita bahwa antara keroncong dan kencerung memang memiliki hubungan yang sangat dekat.

Konon, pada abad ke-16, armada Portugis menjejakkan kakinya di Nusantara di bawah pimpinan Alfonso d' Alburquerque. Tepatnya pada tahun 1512. Keperluan utama mereka adalah mencari rempah-rempah. Kala itu para anak buah kapal Portugis juga membawa alat musik yang begitu populer di antara mereka. Alat musik itu bernama ukulele (cuk) . Tapi sudah kebiasaan bagi orang kita memberikan nama sebuah benda berdasarkan bunyinya. Ambil contoh: diberi nama bedug karena suaranya "dug-dug-dug". Diberi nama Gong karena ketika dipukul suaranya "goongggg". Demikian juga dengan alat yang satu ini, suaranya "crung-crung-cruung", maka diberilah nama "kencerung". Mungkin dari situlah muncul istilah keroncong. keroncong memang tidak bisa dilepaskan dari alat yang satu ini. Jiwanya ada disitu, yang lain hanyalah tambahan-tambahan saja.

Tetap mengapa musik ini kita banggakan sebagai milik kita? Sudah jela-jelas berasa dari Portugis. Di satu sisi memang betul. apa hak kita ngaku-ngaku?
apalagi beberapa waktu belakangan ini kota Solo memproklamasikan diri sebagai Kota Keroncong. Apa hak mereka? apa hanya karena ada Gesang si Bengawan Solo..? Senadainya Alfonso bangkit lagi, mungkin dia akan tertawa.

betul bahwa alat itu berawal dari sana. Tetapi di sisi lain, cengkok atau gaya bermainnya sudah mengalami banyak sentuhan dari kita. itu ysng membuatnya menjadi Indonesia banget. bahkan kini di negeri asalnya, agaknya keroncong tidaklah sepopuler di negara kita.


Sumber: Warta Jemaat GKI Kayu Putih 03-08-2008

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 comments:

Orkes GG said...

ada yg bisa nambahin soal artikel ini?? sok atuh didiyee :D

Post a Comment

EF-BE

KONTEK

Buat teman-teman yang sekiranya masih punya perasaan khilaf mau ngundang kite, silahken tlp aja Bang Anto di 021-99186133 atau bisa ngirimin kite email di begundalibukota@yahoo.com Kalo ga mau ribet, tulis aje Buku Tamu kite atau tinggalin pesen di YM :D Beskem Kite: Jln. Pasar Kencar No. 10 Kota Bambu Selatan, Jak-Bar

TUKAR LINK

Tukeran link Blog Gondal Gandul
 

Orkes Gondal Gandul Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha